Kamis, 14 Oktober 2010

Menentukan Harga Jual

Menentukan Harga Jual PDF Print E-mail
Written by tomyachmad   
Tuesday, 04 May 2010
Image

Harga jual menentukan jumlah penjualan Anda ! Belakangan ini keadaan dirasa semakin ketat dalam persaingan. Banyak sekali yang menjual roti kue dimana-mana dengan aneka jenis keanekaragamannya. Dengan banyaknya persaingan otamatis konsumen menjadi lebih selektif dalam membeli produk. Dengan persaingan yang ketat ada beberapa toko kue  yang tak pernah sepi dikunjungi pembeli bahkan sering membludak dari hari –hari khusus. Hal ini disebabkan karena toko kue atau roti tersebut memiliki banyak keunggulan seperti rasa yang enak, service yang baik, lokasi strategis dan yang paling penting harga yang bersaing.

Melihat kecenderungan ini, bagaimana sebaiknya menentukan harga jual yang tepat ? Ada cara sederhana yang dapat dilakukan oleh pemula di bidang usaha kuliner, Anda dapat membuat analisa sederhana sebelum menentukan harga jual . hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat analisa tersebut adalah mencari informasi tentang :
1.    Harga Jual Pasaran Pada Produk Sejenis ?
2.    Harga Tertinggi Pada Produk Sejenis ?
3.    Harga Terendah pada produk sejenis ?
4.    Harga Pesaing Terdekat Anda ?
5.    Harga Produk Pesaing Yang Terlaris ?Setelah Anda mendapatkan informasi mengenai kelima hal diatas, Anda akan mengetahui gambaran kisaran harga pasaran pada umumnya juga harga terendah dan tertinggi serta pesaing terdekat Anda.
    Hal yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah membuat analisa mengapa harga jual produk dapat laris pada psaing terlaris ? Apakah murni karena harga atau keunggulan lain ? Bila produk juga memiliki keunggulan lain, Anda harus mengevaluasi secara jujur apakah produk Anda dapat mengimbangi atau bahkan lebih unggul? Setelah Anda membuat analisa dengan jujur , langkah selanjutnya adalah membuat produk Anda harus lebih unggul.
    Dengan produk yang sudah lebih unggul , Anda dapat memilih harga yang lebih rendah dari pesaing terdekat. Bila Anda sudah dapat menghitung HPP dengan tepat dan biaya produksi sangat efisien maka Anda dapat melancarkan strategi harga bersaing dengan mematok harga jual lebih rendah dari harga terendah ! Bila Anda belum berani melancarkan strategi ini Anda dapat membuat patokan bahwa untuk usaha kuliner minimal Anda menentukan harga jual 100 % dari HPP. Bila produk Anda tidak dapat dijual dengan kenaikan harga 100 % dari HPP dan dengan harga jual produk tersebut dirasa tak bisa bersaing, Anda perlu belajar komposisi resep baru yang efisiensi HPPnya tinggi namun rasa dan kualitas produknya disukai pasar .
Bila Kita mencoba menentukan harga yang tepat untuk jenis roti manis diatas harga pasarannya adalah berkisar Rp 1.500,- sampai Rp 2.500,-  Dengan HPP Rp 450,- dan memasang harga terendah Rp 1.500,- Anda telah menentukan harga jual  200% dari nilai HPP. Bila Anda menjual dengan harga Rp 1000,- Anda telah menentukan keuntungan Anda kurang lebih 100 % dari HPP dan mendapatkan keuntungan 50% dari harga jual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar